Tips Mobil

Persiapan Penting Mudik dengan Mobil Pribadi

TIPS persiapan MUDIK dengan mobil

Tingginya angka kecelakaan selama musim mudik haruslah menjadi perhatian utama negeri ini. Untuk meminimalisirnya, peran kepala keluarga sebagai nahkoda perjalanan amat sangat penting demi keselamatan perjalanan seluruh anggota keluarga hingga kembali ke kota asal.


Banyak yang harus anda persiapkan sebelum mudik supaya mudik anda lancar dan nyaman. Anda perlu menomor satukan kondisi kendaraan mobil anda supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Berikut akan dijelaskan tips mudik menggunakan mobil pribadi supaya aman dan nyaman. 

1. Penggantian Oli Rem dan Oli Mesin

Ganti Oli rem dan oli mesin pada mobil anda secara berkala, ganti oli rem lama dengan oli rem yang baru supaya system rem dapat bekerja secara optimal dan ganti oli mesin jika dirasa terjadi kebocoran. Supaya  mesin mobil anda tetap dingin dan dapat bekerja secara efisien.

2. Pengecekkan Busi pada Mesin Mobil

Cek busi mobil anda secara berkala, harap melakukan penggantian setiap satu tahun sekali. Supaya pembakaran bahan bakar menjadi optimal, sehingga saat anda menyalakan mesin mobil menjadi lebih mudah. Jika busi pada mobil bermasalah, maka pembakaran bahan bakar tidak optimal dan menyebabkan mobil akan tersendat-sendat.

3. Periksa Komponen AC Mobil

Periksa kondisi Freon Ac pada indicator tabungnya, dan tak lupa bersihkan saringan udara AC karena sering kotor, jika saringan pada AC kotor maka AC tidak bisa dingin. Saringan AC yang sering kotor biasanya disebabkan oleh asap rokok dan debu. Bersihkan saringan AC secara berkala supaya AC mobil anda dapat bekerja secara optimal dan anda pun akan nyaman saat perjalan mudik.

4. Periksa Timing Belt

Periksa timing belt pada mesin, apakah masih bagus atau sudah aus. Fungsi dari timing belt yaitu untuk memutar camshaft atau disebut noken as yang berperan untuk membuka dan menutup valve atau klep pada ruang pembakaran dengan tepat timingnya

5. Periksa Tekanan Ban Mobil

Cek tekanan angin pada ban dan kaki-kakinya supaya mobil lebh stabil. Tak lupa periksa kondisi ban cadangan dan peralatan pendukung untuk dibawa seperti kunci pas, kunci inggris, dongkrak, segitiga pengaman dan lain sebagainya. Jika terjadi kebocoran anda tak perlu khawatir.

Untuk memahami spesifikasi keamanan ban mobil Anda, dapat baca disini :

cara-membaca-kode-ban-motor-dan-mobil

6. Cek Filter Fuel, dan wiper

Bersihkan filter fuel supaya bahan bakar tidak kotor yang mengakibatkan mobil tersendat-sendat. Dan Periksa juga wiper, karet-karet pada jendela dan pintu apakah masih bagus atau sudah aus supaya tidak terjadi suara decitan dan tidak terjadi kebocoran saat hujan dalam perjalanan anda.

7. Persiapan obat-obatan, makanan, dan minuman

Tips mudik menggunakan mobil pribadi yang perlu disiapkan selanjutnya yaitu, obat-obatan seperti obat pusing, demam, batuk, plester, dll. Atau jika anggota keluarga harus membawa obat-obatan khusus yang harus selalu dikonsumsi, supaya tidak ada yang tertinggal sehingga perlu disiapkan terlebih dahulu. Selain obat-obatan anda juga perlu menyiapkan makanan dan minuman, selain menghemat biaya saat mudik alasan lainnya yaitu supaya saat anda melewati jalan yang sepi jauh dari penjual makanan anda tidak perlu khawatir saat rasa lapar menyerang.

8. Persiapan budget keuangan

Hal penting lainnya yang perlu disiapkan sebelum memulai perjalan mudik yaitu budget atau masalah keuangan. Karena anda perlu mengatur total pengeluaran selama berangkat dan pulang mudik dari kampung halaman seperti pengeluaran pembelian bensin, makanan, serta oleh-oleh untuk keluarga yang berada di kampung halaman. Supaya besar pengeluaran tidak membengkak, maka dari itu perlu dirancang besar pengeluaran yang akan dikeluarkan.

9. Perlengkapan Anak

Saat perjalanan jauh bersama anak anda, jangan lupa membawa perlengkapan untuk membuat buah hati anda merasa nyaman. Perlengkapan seperti tissue, botol minuman, tempat makan, mainan favorit, buku bacaan, crayon, dan lain sebagainya supaya anak anda tidak merasa bosan saat perjalanan jauh.

10. Persiapkan stamina tubuh

Badan yang sehat sangat penting untuk pengemudi kendaraan saat mudik, maka dari itu anda perlu menjaga kondisi badan tetap  sehat. Karena kondisi pengemudi sangat berpengaruh  pada kondisi penumpang. Rasa kantuk yang menyerang dapat menghambat perjalanan dan membahayakan keselamatan penumpang. Saat rasa kantuk menyerang sebaiknya anda tak perlu memaksakan melanjutkan perjalanan, alangkah baiknya kalau anda berhenti sejenak untuk beristirahat. Cari rest area terdekat anda, lalu lepas rasa lelah anda  sebelum melanjutkan kembali perjalanan anda menuju ke kampung halaman.

11. Ban Serep dan Dongkrak

Simbiosis mutualisme berlaku untuk kedua benda ini. Ban serep akan tidak berguna jika tanpa dongkrak, begitu pun sebaliknya dongkrak hanya dapat digunakan pada saat Anda mengganti ban mobil Anda. Pastikan benda ini ada di mobil Anda, untuk mengatasi pecah ban atau bocor di jalan. 

12. Toolkit

Sama seperti Ban serep dan dongkrak. Benda ini akan Anda butuhkan ketika mobil Anda mengalami masalah di tengah perjalanan mudik. Pilihlah toolklit yang sesuai dengan kendaraan yang Anda gunakan.

13. Charger Mobil

Sudah  menjadi rahasia umum jika charger menjadi kebutuhan utama masyarakat modern sekarang ini. Terlebih jika smartphone yang Anda gunakan memiliki fitur-fitur canggih serta layar beresolusi tinggi, tentu akan menghabiskan lebih banyak daya baterai. Maka dari itu, charger atau colokan listrik di dalam mobil menjadi hal yang wajib ada saat Anda mudik menggunakan mobil.

14. Alat Navigasi

Jika mobil Anda tidak dilengkapi dengan GPS. Jangan khawatir Anda bisa menggunakan aplikasi GPS yang ada di smartphone Anda. Alat ini akan sangat membantu Anda selama perjalanan mudik. Beberapa aplikasi bahkan menyediakan informasi daerah mana saja yang macet dan menyediakan rute yang paling efisien untuk perjalanan Anda.

15. Kabel Jumper

Alat ini bisa Anda pergunakan ketika mobil Anda mendadak mati karena kehabisan aki di tengah perjalanan. Kabel ini dapat Anda gunakan untuk “meminjam” listrik dari mobil lain. Terutama bagi Anda yang memiliki kendaraan bertransmisi otomatis.

Tips yang lain nya yang harus anda perhatikan yaitu :

  1. Kuras air radiator dan ganti air radiator dengan coolent, jika terjadi sumbatan pada kisi-kisi segera bersihkan.
  2. Pengecekkan pada aki mobil, dan lakukan pengecesan aki jika dirasa power aki anda lemah.
  3. Periksa fungsi lampu utama, belakang, dan lampu sein apakah dapat menyala dengan baik atau tidak.
  4. Periksa alarm mobil dapat berfungsi dengan baik atau tidak, supaya mobil dalam keadaan aman saat ditinggal pada rest area.
  5. Cek kembali kampas rem, kampas kopling, break shoes, dan lain sebagainya jika dirasa sudah aus.
  6. Periksa kembali sekring-sekring pada mobil anda, ganti sekring jika dirasa sudah aus atau rusak.
  7. Periksa knalpot anda, jika terjadi kebocoran harap segera diperbaiki supaya tidak menguras bahan bakar pada mobil anda.
  8. Posisikan ulang kaca spion kanan dan kiri, jika spion tersebut menggunakan mesin atau auto mirror, beri sedikit cairan minyak pada mesin kaca spion itu agar dapat bergerak dengan mesinnya dan spion tidak susah ditutup.
  9. Cari tahu lokasi bengkel resmi mobil anda yang berada sesuai tujuan mudik anda jika suatu saat dibutuhkan.
  10. Persiapan barang bawaan pendukung lainnya seperti powerbank, hiburan CD, dan sebagainya yang membuat anda nyaman dan pengusir rasa bosan saat berada dalam perjalanan.
  11. Packing dengan rapi barang bawaan anda, supaya tidak memakan banyak tempat dan membuat anda menjadi tidak nyaman.
  12. Pemilihan Rute perjalanan alternative  supaya terhindar dari macet.Sponsors Link
  13. Aktifkan GPS atau peta jika dirasa anda kurang mengetahui wilayah menuju kampung halaman anda.
  14. Patuhi rambu lalu lintas, dan atur kecepatan anda dalam berkendara supaya tidak terjadi kecelakaan.
  15. Gunakan kaca film atau tirai supaya anak anda terlindungi dari sinar matahari dan tidak menyilaukan saat tertidur diperjalanan, tetapi disarankan jangan menggunakan kaca film lebih dari 40%, dikarenakan jika malam hari akan terlihat gelap dan mengganggu penglihatan anda.
  16. Jangan lupa gunakan sabuk pengaman untuk anda dan anak anda ketika mengendarai mobil, supaya lebih aman.
  17. Berhenti pada rest area minimal 3 jam sekali, untuk meregangkan otot-otot.
  18. Membawa tikar, kasur lipat dan bantal yang dapat digunakan saat anda berhenti pada rest area.
  19. Tak lupa membawa peralatan mandi, dan taruh pada tempat yang mudah dijangkau supaya tidak bongkar bagasi atau tas.
  20. Jangan membawa barang melebihi daya tampung pada mobil anda.
  21. Pastikan kembali kelengkapan surat-surat penting mobil anda yang perlu dibawa.
  22. Periksa klakson apakah klakson dapat berbunyi dengan baik atau tidak, karena klakson merupakan komponen yang penting.

Artikel diatas telah menjelaskan tips mudik menggunakan mobil pribadi yang perlu anda persiapkan dengan matang sebelum anda melakukan perjalan menuju kampung halaman untuk bertemu dengan sanak saudara. Pada umumnya banyak kecelakaan yang terjadi dikarenakan kelalaian dari pengemudi kendaraan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, sebaiknya anda mengutamakan keselamatan anda dan keluarga anda saat memutuskan untuk mudik menggunakan mobil pribadi. persiapkan dengan baik agar mudik anda pada tahun ini aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan bertemu sanak saudara di kampung halaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. 

Leave a Reply